Sinau Coding
Berbincang santai perihal pemrograman
Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman
12/08/2015 06:57:00 AM

Cara mudah menginstall Package Control di Sublime Text

Seperti yang kita ketahui, kita dapat menginstall plugin/package ke dalam Sublime Text mulai dari sekedar untuk mengubah tampilan/theme sampai menambah fitur. Plugin/package-package tersebut bisa didapat dan diinstall dari banyak tempat. Yang paling populer dan menjadi standar sekarang adalah dari GitHub.


Update

Silahkan baca artikel yang lebih baru tentang cara Install Package Control di Sublime Text di sini:
Cara install Package Control di Sublime Text - 2021


Nah, tentu sangat merepotkan jika kita harus mencari-cari sendiri kemudian menginstall secara manual package-package tersebut. Maka muncullah packagecontrol.io, sebuah web repositories yang menyediakan daftar package-package Sublime Text yang dapat diinstall. Dan Package Control adalah sebuah package manager yang bertujuan untuk mempermudah user dalam memanage package-package Sublime Text. Mulai dari install, uninstall, update, searching dan lain-lain.

Berikut ini adalah cara untuk menginstall Package Control ke dalam Sublime Text.

  1. Kunjungi link Package Control berikut ini.
  2. Pada halaman tersebut, terdapat tampilan script yang digunakan untuk menginstall Package Control. Satu untuk Sublime Text 2 dan satu lagi untuk Sublime Text 3.

  3. Select semua script tersebut yang sesuai dengan versi Sublime Text anda, kemudian copy, bisa dengan klik kanan atau dengan shortcut Ctrl C

  4. Jalankan Sublime Text anda, kemudian buka console dengan menggunakan shortcut Ctrl ` atau dengan menu View > Show Console

    Maka console akan muncul di bagian bawah.

  5. Paste script yang kita copy sebelumnya ke dalam input console tersebut. Bisa dengan shortcut Ctrl V atau dengan klik kanan paste.

  6. Kemudian tekan tombol Enter untuk mengeksekusi script tersebut. Tunggulah sampai proses instalasi selesai. Jika semua berjalan dengan baik, maka Package Control akan terinstall.

    Jika terjadi error, maka ulangi langkah di atas sekali lagi.

  7. Package Control akan muncul pada menu Preferences > Package Control

Package Control sudah berhasil diinstall, kini saatnya menginstall package-package Sublime Text yang anda inginkan. Caranya sebagai berikut :

  1. Klik menu Preferences > Package Control seperti atas, atau dengan menggunakan shortcut Ctrl Shift P, kemudian jika perlu mengetik package control. Dari daftar command yang muncul, pilih Install Package. Kemudian tunggu proses indexing selesai

  2. Begitu proses indexing selesai, maka akan muncul daftar package-package Sublime Text yang bisa anda install. Ketik nama package -tidak harus lengkap- yang anda inginkan, kemudian select/sorot package tersebut. Misalkan saya akan menginstall package theme Materialize. Kemudian tekan tombol enter untuk menginstall.

  3. Jika perlu, ulangi langkah-langkah di atas untuk menginstall package yang lain. Silahkan coba juga command Package Control yang lain, misalkan list package, upgrade package, remove package dan lain-lain.

Sekian tip/trik kali ini. Selamat mencoba dan semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Komentar

Load more