Sinau Coding
Berbincang santai perihal pemrograman
Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman
9/25/2022 08:40:00 AM

Cara install Ghost CMS di lokal dengan nginx dan pm2

Ghost CMS

Artikel ini akan membahas bagaimana cara menginstall Ghost CMS di lokal dengan menggunakan Nginx dan PM2.

Ghost adalah salah satu Content Managemen System populer yang gratis dan open source, serta berjalan dengan menggunakan Node.js. Dan karena gratis dan open source, maka Ghost CMS tentu saja dapat di install di lokal dengan mudah.

Cara meng-install-nya pun sangat mudah, yaitu dengan menggunakan ghost-cli. Akan tetapi cara ini kurang penulis sukai, karena ghost-cli nantinya akan menambahkan user sebagai sudoer, dimana hal ini biasanya tidak diinginkan. Oleh karena itu, berikut ini adalah alternatif lain untuk meng-install Ghost CMS dengan menggunakan pm2 sebagai service manager.

0. Menginstall MySQL 8, Nginx, Node.js, dan PM2

Untuk menggunakan Ghost CMS, pastikan sistem anda sudah terinstall beberapa package sebagai berikut.

  1. MySQL 8
  2. Nginx
  3. Node.js
  4. PM2

0.1. Menginstall MySQL 8

Sejak versi 5, Ghost CMS tidak lagi mensupport MariaDB. Meski mungkin tetap bisa menggunakan MariaDB, tetapi tim pengembang Ghost CMS tidak menjamin akan tetap lancar jika menggunakan MariaDB. Oleh karena itu, pastikan system anda sudah terinstall MySQL versi 8.

sudo apt install mysql-server

0.2. Menginstall Nginx

Kenapa dipilih Nginx dibandingkan dengan Apache, karena jelas nginx lebih ringan dan cepat jika dibandingkan dengan Apache. Tentu saja Anda tetap bisa menggunakan Apache atau web server yang lainnya.

sudo apt install nginx

0.3. Menginstall Node.js

Sampai dengan tulisan ini ditulis, Ghost CMS hanya mensupport Node.js versi 14.x dan 16.x. Sangat disayangkan Ghost CMS masih belum mensupport Node.js versi 18.x. Untuk Anda yang menggunakan Ubuntu 20.04 atau yang lainya, Anda dapat menginstall Node.js versi 16.x dengan perintah berikut ini.

curl -fsSL https://deb.nodesource.com/setup_16.x | sudo -E bash -
sudo apt-get install -y nodejs

0.4. Menginstall PM2

PM2 adalah service manager atau daemon process manager yang fungsi utamanya adalah membuat aplikasi Anda bisa berjalan secara otomatis seperti layaknya service. Bedanya dengan systemd atau yang sejenisnya, PM2 ini berjalan disisi user non administrator. Dengan menggunakan PM2, maka Anda dapat membuat service tanpa perlu repot menambahkannya ke dalam systemd, artinya tidak perlu sering-sering merepotkan administrator.

Untuk menginstall PM2, silahkan jalankan perintah di bawah ini.

sudo npm install pm2 -g

1. Menginstall ghost-cli

Sesuai dengan namanya, ghost-cli adalah tool yang dibuat oleh tim dari Ghost CMS untuk mempermudah proses install, update dan uninstall Ghost CMS. Namun kali ini ghost-cli hanya akan digunakan untuk men-download Ghost CMS saja. Untuk menginstall ghost-cli, silahkan jalankan perintah di bawah ini.

sudo npm install ghost-cli@latest -g
ghost-cli


Baca juga :
Apakah Node.js, npm dan bagaimana menginstallnya

2. Menyiapkan database untuk Ghost CMS

Salah satu best practice dalam menyiapkan database Ghost CMS dan aplikasi-aplikasi lainnya adalah, penyiapkan user database tertentu untuk setiap aplikasi. Hal ini untuk memastikan bahwa satu aplikasi tidak memiliki akses ke database aplikasi yang lain (kecuali jika memang diinginkan).

Silahkan buat database baru sekaligus user baru untuk Ghost CMS ini. Misalkan nama database nya adalah ghost, sedangkan usernya adalah ghost_user. Silahkan jalankan perintah SQL di bawah ini pada server database Anda. Pastikan Anda mengganti password password_untuk_user dengan password pilihan Anda sendiri.

create database ghost;
create user 'ghost_user'@'localhost' identified by 'password_untuk_user';
grant all privileges on ghost.* to 'ghost_user'@'localhost';
flush privileges;

Catatan:
Pada contoh SQL di atas, database berada satu mesin dengan Ghost CMS, sehingga user yang dibuat menggunakan @localhost. Silahkan Anda sesuaikan dengan database Anda.

3. Membuat user linux yang akan menjalankan Ghost CMS

Seperti yang disebutkan di atas, untuk membuat service Ghost CMS ini, kita akan menggunakan PM2. Oleh karena itu, untuk memastikan keamanan user yang akan menjalankan PM2 tersebut, maka perlu disiapkan satu user biasa tanpa password dan tidak bisa login ke dalam system.

Silahkan jalankan perintah di bawah ini di server tempat Ghost CMS Anda akan diinstall. Untuk contoh kali ini, kita buat user dengan nama ghostuser.

sudo adduser --disabled-password --disabled-login ghostuser

Catatan:
Meskipun user ghostuser ini dibuat tanpa password dan tidak bisa login, akan tetapi Anda tetap bisa menjadi user tersebut dengan cara sudo su ghostuser.

4. Menginstall Ghost CMS

Sebelum menginstall Ghost CMS, yang pertama haru disiapkan adalah folder tempat Ghost CMS akan diinstall. Jika Anda menggunakan Ubuntu, maka folder tersebut biasanya adalah di /var/www/html. Maka silahkan buat folder tempat Ghost CMS tersebut (misalkan kita beri nama ghost) dan pastikan untuk men-setting ghostuser sebagai owner dari folder tersebut.

sudo mkdir /var/www/html/ghost
sudo chown ghostuser:ghostuser /var/www/html/ghost

Setelah folder siap. Maka selanjutnya kita akan menginstall Ghost CMS dengan user ghostuser. Oleh karena itu, silahkan berubah menjadi user ghostuser dengan perintah :

sudo su ghostuser

Setelah itu, silahkan masuk ke dalam folder Ghost CMS yang sudah Anda buat sebelumnya, kemudian jalankan perintah ghost install local --no-start --no-enable.

cd /var/www/html/ghost
ghost install local --no-start --no-enable

Catatan:
JANGAN LUPA untuk menambahkan parameter local dan option --no-start dan --no-enable yang akan memberitahu ghost-cli bahwa instalasi ini untuk lokal dan tidak perlu setup autostart-nya. Dengan parameter dan option ini, maka ghost-cli hanya akan melakukan pengecekan folder dan mendownload source code Ghost CMS ke dalam folder tersebut.

Install Ghost CMS

CATATAN:
Perhatikan informasi yang muncul ini : http://localhost:2369/ghost/. Bisa jadi nomor port yang muncul di sini akan berbeda dengan Anda. Biasanya port awal yang muncul adalah 2368. Sedangkan pada tampilan di atas muncul 2369 karena saat itu sudah ada satu Ghost CMS yang terinstall.

5. Mensetting Ghost CMS

Secara default, perintah ghost install local akan otomatis men-setting Ghost CMS dalam mode development (dengan file config.development.json) dan menggunakan database sqlite. Oleh karena itu, kita akan mengubah konfigurasi tersebut menjadi mode production dengan database mysql.

Ubah nama file config.development.json menjadi config.production.json.

mv config.development.json config.production.json
Kemudian ubah isi dari file config.production.json tersebut dengan editor yang Anda sukai. Kira-kira diubah menjadi seperti berikut.
{
  "url": "http://localhost:2369/",
  "server": {
    "port": 2369,
    "host": "127.0.0.1"
  },
  "database": {
    "client": "mysql",
    "connection": {
      "host": "127.0.0.1",
      "port": 3306,
      "user": "ghost_user",
      "password": "password_untuk_user",
      "database": "ghost"
    }
  },
  "mail": {
    "transport": "Direct"
  },
  "logging": {
    "transports": [
      "file",
      "stdout"
    ]
  },
  "process": "local",
  "paths": {
    "contentPath": "/var/www/html/ghost/content"
  }
}

CATATAN:
Silahkan sesuaikan beberapa nilai seperti port (2369) dan password database (password_untuk_user) atau yang lainnya sesuai dengan server dan database Anda.

6. Menambahkan Ghost CMS ke dalam PM2

Agar Ghost CMS bisa ditambahkan ke dalam PM2 dengan mudah, maka silahkan buat file dengan nama ecosystem.config.js di dalam folder Ghost CMS tersebut dengan isi kurang lebih sebagai berikut.

module.exports = {
  apps : [{
    name   : "ghost",
    cwd : "/var/www/html/ghost",
    script : "./current/index.js",
    env: {
       NODE_ENV: "production"
    }    
  }]
}

CATATAN:
Jika diperlukan, silahkan sesuaikan nilai dari cwd berdasarkan folder yang Anda buat.

Setelah file konfigurasi sudah Anda buat. Maka selanjutnya tambah dan jalankan Ghost CMS tersebut ke dalam PM2 dengan perintah.

pm2 start
pm2 start

Maka akan terlihat bahwa aplikasi/service dengan nama ghost sudah masuk ke dalam PM2. Untuk melihat daftar service di dalam PM2, Anda dapat menggunakan perintah.

pm2 list

Sampai di sini, jika tidak ada kesalahan, maka Anda sudah dapat mengakses Ghost CMS tersebut pada alamat http://localhost:2368 atau untuk contoh di atas adalah http://localhost:2369. Silahkan sesuaikan dengan port Anda.

Jika sudah muncul seperti gambar di bawah ini, maka artinya Ghost CMS berhasil diinstall dan saat ini sedang melakukan inisialisasi. Silahkan tunggu beberapa saat, kemudian silahkan refresh lagi.

Ghost CMS running

Dan ini adalah tampilan awal jika Ghost CMS sudah selesai diinsialisasi.

Ghost CMS siap digunakan

Karena Ghost CMS baru saja terinstall, maka belum ada user admin yang tersedia. Oleh karena itu, silahkan menuju halaman /ghost untuk menambahkan user admin.
http://localhost:2368/ghost atau http://localhost:2369/ghost. Kemudian silahkan tambahkan user admin dan identitas website.

Setup admin

7. Setting PM2 Startup

Setelah aplikasi berhasil ditambahkan ke dalam PM2, maka selanjutnya agar Ghost CMS ini bisa otomatis berjalan pada saat restart, maka kita harus menambahkan PM2 ke dalam systemd. Silahkan jalankan perintah :

pm2 startup
PM2 startup

Silahkan simpan kode perintah yang muncul dari hasil pm2 startup di atas ke dalam file atau editor, atau apapun. Karena perintah tersebut nantinya akan kita jalankan dengan sudo di luar user ghostuser. Berikut ini adalah contoh kode yang muncul dari perintah pm2 startup.

sudo env PATH=$PATH:/usr/bin /usr/lib/node_modules/pm2/bin/pm2 startup systemd -u ghostuser --hp /home/ghostuser

Selanjutnya kita akan menyimpan hasil pm2 start sebelumnya agar tersinkron ke dalam buffer pm2 dengan perintah:

pm2 save
pm2 save

Setelah pm2 save berhasil tersimpan. Selanjutnya silahkan keluar dari ghostuser, kembali ke user awal dengan menuliskan perintah exit di terminal. Kemudian jalankan perintah hasil pm2 startup sebelumnya.

Dengan ini maka Ghost CMS Anda akan otomatis berjalan setiap kali system di restart. Untuk memastikan hal di atas berhasil, jika perlu lakukan restart system, dan pastikan Ghost CMS otomatis berjalan. Jika setelah restart Ghost CMS gagal di akses, maka itu artinya setting startup PM2 di atas belum berhasil. Silahkan ulangi kembali.

7. Membuat Virtualhost

Tentu Anda tidak ingin website Anda hanya dapat diakses dengan IP. Oleh karena itu, langkah selanjutnya adalah membuat Virtualhost untuk Ghost CMS. Di sini kita tidak akan membahas bagaimana cara mendapatkan atau membeli dan mengatur DNS untuk custom domain.

Misalkan domain yang akan kita pasang adalah debug.my.id. Silahkan buat file bernama debug.my.id pada folder /etc/nginx/sites-available

sudo vi /etc/nginx/sites-available/debug.my.id
Kemudian tuliskan konfigurasi seperti contoh di bawah ini.
server {
   server_name debug.my.id;
   root /var/www/html/ghost;

   access_log   off;
   error_log         /var/log/nginx/debug.my.id_error.log;
   location / {
      proxy_redirect   off;
      proxy_set_header        X-Real-IP       $remote_addr;
      proxy_set_header X-Forwarded-For $proxy_add_x_forwarded_for;
      proxy_set_header Host            $host;
      proxy_pass       http://127.0.0.1:2368;
      proxy_buffer_size          1024k;
      proxy_buffers           512 1024k;
      proxy_busy_buffers_size   1024k;
      proxy_read_timeout 300;
      proxy_set_header X-Forwarded-Proto $scheme;
      client_max_body_size 100M;
  }
}

CATATAN:
Jika diperlukan, silahkan sesuaikan konfigurasi server_name debug.my.id dengan domain Anda. Dan sesuaikan port pada konfigurasi proxy_pass http://127.0.0.1:2368 dengan nilai port yang sesuai.

Cek konfigurasi virtual host dengan perintah :

sudo nginx -t

Aktifkan virtual host tersebut dengan cara membuat symlink dari folder site-available ke dalam folder site-enabled.

sudo ln -s /etc/nginx/site-available/debug.my.id /etc/nginx/site-enabled/debug.my.id

Kemudian restart nginx dengan perintah :

sudo service nginx restart
Kemudian silahkan coba akses Ghost CMS ini dengan menggunakan domain. Jika tidak ada kesalahan pada setting virtualhost, maka Anda seharusnya sudah bisa mengakses Ghost CMS tersebut dengan menggunakan domain.

Kesimpulan

Cara install Ghost CMS dengan menggunakan PM2 ini memang sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan menggunakan ghost-cli secara penuh. Akan tetapi dengan Anda menggunakan PM2, maka Anda memiliki beberapa fitur yang hanya disediakan oleh PM2. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat melakukan monitoring secara realtime dengan fitur pm2 monit
  2. Dapat dengan mudah mengaktifkan cluster mode, terutama jika Anda memilik CPU multi core

Sekian tip dan trik kali ini. Selamat mencoba dan semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Sumber :
PM2
Ghost CMS

Komentar

Load more