Sinau Coding
Berbincang santai perihal pemrograman
Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman
9/17/2023 07:07:00 AM

Apa itu Bun dan cara install Bun di Linux, Mac dan Windows

Bun adalah sebuah runtime Javascript yang dibuat dari nol yang ditujukan sebagai sebuah alternatif baru selain Node.js atau Deno. Bun adalah sebuah alternatif all-in-one, artinya Bun terdiri atas runtime dan semua peralatan mulai dari bundler, test runner sampai dengan package manager dalam satu aplikasi.

Bun dibuat sedimikian sehingga compatible dengan node.js, akan tetapi tidak menggunakan engine yang sama dengan node.js (V8). Melainkan Bun dibuat dari nol dengan menggunakan bahasa pemrograman Zig. Oleh karena itu, maka Bun sudah seharusnya dapat berjalan lebih cepat dan efisien jika dibandingkan dengan Node.js atau bahkan Deno.

0. Fitur dan keunggulan Bun

Secara umum, Bun dibuat dengan tujuan besar dan keunggulan sebagai berikut:

  1. Bun adalah JavaScript runtime all-in-one yang dirancang untuk kecepatan dan menyediakan berbagai perlengkapan/tools untuk mengelola proyek dengan JavaScript maupun TypeScript.
  2. Bun dapat digunakan langsung bahkan menggantikan Node.js dengan tetap tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak API Node.js.
  3. Bun memiliki performa yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan node.js, karena memang sejak awal di rancang dan dioptimalkan untuk kecepatan.
  4. Bun menyediakan API yang sederhana dan efisien mulai dari server HTTP sampai dengan baca tulis file.
  5. Bun mendukung TypeScript sebagai first-class citizen.
  6. Bun juga menyediakan package manager build in yang kompatibel dengan npm, yarn atau pnpm tetapi dengan kecepatan yang lebih tinggi.
  7. Bun memiliki unit test build in dengan performa yang cepat dan API yang mirip dengan Jest.
  8. Bun mendukung pengembangan webapp dengan berbagai framework ekosistem seperti Vue, React, Prisma, Next.js, dan banyak lagi.
  9. Bun juga menyediakan berbagai utilitas yang berguna, termasuk pengkodean base64, kompresi data, dan lainnya.

1. Cara install Bun di Linux

Berikut ini adalah cara menginstall Bun di Linux.

  1. Buka terminal
    Silahkan jalankan terminal Linux Anda.
  2. Jalankan berintah berikut ini di terminal Anda. Lalu tunggu sampai proses selesai.
    curl -fsSL https://bun.sh/install | bash
    Setelah itu, yang paling mudah adalah, matikan terminal Anda, lalu buka kembali terminal Anda. Lalu tuliskan perintah
    bun --help
    maka, jika muncul informasi bantuan dari Bun, maka artinya Bun sudah berhasil terinstall di Linux Anda.

Baca juga :
20 VS Code Extensions pilihan untuk Web/Frontend Developer/Programmer 2023

2. Cara install Bun di Mac

Untuk menginstall Bun di Mac, terdapat 2 cara. Yaitu dengan menggunakan script curl seperti halnya di Linux, atau dengan menggunakan Homebrew. Jika Anda memilih untuk menggunakan script curl, maka silahkan jalankan perintah-perintah sama persis seperti di Linux di atas. Namun jika Anda lebih senang untuk menggunakan Homebrew, maka berikut ini adalah langkah-langkah untuk meng-install Bun di Mac dengan menggunakan Homebrew.

  1. Silahkan jalankan terminal di Mac Anda.
  2. Lalu jalankan perintah-perintah berikut ini. Silahkan tunggu proses-nya sampai dengan selesai.
    brew tap oven-sh/bun 
    brew install bun
  3. Setelah selesai, silahkan tuliskan perintah bun --version atau bun --help untuk melihat apakah Bun berhasil terinstall dengan benar.

3. Cara install Bun di Windows

Sampai dengan tulisan ini ditulis, Bun masih belum secara resmi dirilis untuk Windows. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan Windows, maka disarankan untuk menggunakan WSL atau Docker. Penulis sendiri sangat menyarankan untuk menggunakan WSL saja, karena selain lebih mudah, juga membutuhkan space yang lebih kecil jika dibandingkan dengan menggunakan Docker.

Oleh karena itu, maka cara install Bun di WSL adalah sama dengan cara install Bun di Linux. Silahkan lihat pada poin nomor 1 di atas.

Kesimpulan

Bun adalah sebuah alternatif pengganti dari node.js atau deno, yang memiliki kecepatan dan performa yang jauh lebih baik. Hal ini tentu tidak mengejutkan dan bahkan sudah seharusnya seperti itu, karena memang sejak awal Bun dirancang dan dibuat sejak awal untuk tujuan itu.

Apakah Bun sudah siap untuk digunakan pada zona produksi ? Dengan dirilisnya versi 1, maka jawabannya adalah ya. Bun sudah siap digunakan secara produksi.

Apakah Anda perlu beralih dari node.js/deno ke Bun ? Jawabannya tidak harus. Karena bagaimanapun juga Bun masih terhitung anak kemarin sore, tentu perlu waktu sampai benar-benar mature. Tetapi tidak ada salahnya jika Anda berencana untuk menerapkan Bun di beberapa project baru non critical di perusahaan Anda.

Sumber

Komentar

Load more