Sinau Coding
Berbincang santai perihal pemrograman
Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman
7:21 AM

Cara install VSCode di Ubuntu - 2021

Visual Studio Code adalah sebuah text editor gratis buatan Microsoft yang saat ini merupakan salah satu editor yang paling populer terutama di antara para developer web. VSCode sendiri saat ini sudah tersedia di semua platform, baik Windows, Linux maupun Mac. Namun, kali ini kita hanya akan membahas cara install vscode di Ubuntu Linux.

Agar mudah dipahami terutama oleh para pengguna Ubuntu Linux yang mungkin masih awal, maka cara install vscode ini akan diutamakan dengan berbasis GUI.

Sebelum itu, untuk Anda para pengguna Ubuntu Linux, pastikan saat ini Anda menggunakan Ubuntu Linux versi 64bit. Hal ini dikarenakan, saat ini VSCode HANYA mensupport mesin 64bit saja. Sedangkan mesin 32bit sudah TIDAK lagi disupport. Sangat disayangkan memang, akan tetapi untuk masa sekarang memang boleh dibilang hampir semua mesin komputer yang baru sudah menggunakan arsitektur 64bit.


Baca juga :
Cara mudah menginstall PHP Composer di Ubuntu Linux

Untuk mengetahui arsitektur dari Ubuntu Anda, bisa dilakukan dengan mengetikkan perintah uname -a di terminal. Jika Ubuntu Anda menggunakan arsitektur 64bit, maka akan terdapat tulisan seperti x86_64 atau yang sejenis itu.

Setelah Anda memastikan bahwa mesin dan versi Ubuntu Anda adalah 64bit, maka langkah pertama adalah silahkan unduh file installer/package vscode dari situs resminya di sini : https://code.visualstudio.com/sha/download?build=stable&os=linux-deb-x64 .
Silahkan simpan file .deb tersebut di tempat yang Anda inginkan.

Selanjutnya kita akan meng-install file tersebut. Kali ini kita akan mencoba install baik dengan menggunakan GUI maupun terminal. Silahkan Anda pilih salah satu, apakah itu dengan menggunakan GUI atau cli/terminal.

1. Install dengan menggunakan GUI

Selanjutnya, silahkan Anda menuju file tersebut dengan menggunakan file explorer baik itu Nautilus atau yang lainnya. Jika file di atas sudah ditemukan, maka silahkan dobel klik file tersebut. Ini sama dengan jika Anda di Windows yaitu dengan dobel klik file installer. Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Klik tombol Install Package. Kemudian jika muncul input password, silahkan Anda isikan password Anda. Di sini saya berasumsi bahwa role Anda adalah Administrator, karena jika role Anda adalah user biasa, maka Anda tidak akan bisa meng-install aplikasi.

Setelah Anda tuliskan password, tekan tombol OK. Maka proses install akan dimulai. Silahkan tunggu sampai proses selesai.

2. Install dengan menggunakan cli/terminal

Setelah Anda berhasil mengunduh file installer vscode. Silahkan Anda jalankan terminal kesayangan Anda. Kemudian silahkan ubah directory aktif ke folder tempat Anda menyimpan file installer di atas. Misalkan Anda menyimpan file .deb di atas ke dalam folder ~/Downloads , maka perintah pindah direktori aktif adalah :

cd ~/Downloads
Kemudian jalankan perintah dpkg -i nama_file untuk menginstall. Misalkan file tersebut bernama : code_1.59.1-1629375198_amd64.deb, maka perintahnya adalah :
sudo dpkg -i code_1.59.1-1629375198_amd64.deb
Tuliskan password Anda, kemudian silahkan tunggu proses install selesai.

Jika semuanya berjalan lancar, maka Anda sudah berhasil meng-install Visual Studio Code di Ubuntu Linux. Biasanya menu icon vscode akan muncul pada start menu Applications / Programming. Tetapi ini bisa berbeda tergantung distro turuan Ubuntu yang anda gunakan.

Penutup

Jika Anda menginstall VSCode dengan menggunakan file installer atau package seperti 2 cara di atas, maka secara otomatis file installer ini akan meregistrasikan repository official vscode ini ke dalam repository package Ubuntu Anda. Oleh karena itu Anda dikemudian hari cukup melakukan apt update dan apt upgrade secara periodik, untuk meng-update Visual Studio Code.

Sekian tip dan trik kali ini. Selamat mencoba dan semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Komentar

Load more

Terbaru

Cara install Postgresql di MacOS
Postgresql adalah salah satu object-relational database open source yang memiliki banyak fitur enterprise layaknya Or...
Cara install npm di Laravel
aravel adalah sebuah framework untuk webapp yang berbasis php, sedangkan npm adalah sebuah package manager untuk node...
Cara install MariaDB di MacOS dengan menggunakan Homebrew
MariaDB selain tersedia di Windows dan Linux, juga tersedia di MacOS dan dapat diinstall dengan menggunakan homebrew....
Cara insert data ke dalam list atau table tanpa menutup Modal
Desain halaman dan dialog tambah data biasanya adalah, User klik tombol yang akan memunculkan dialog, dimana dialog a...