Sinau Coding
Berbincang santai perihal pemrograman
Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman
1:57 AM

Cara install npm di Laravel

Laravel adalah sebuah framework untuk webapp yang berbasis php, sedangkan npm adalah sebuah package manager untuk node.js atau secara umum javascript. Laravel dan npm tidak saling bergantung, artinya Laravel dapat digunakan tanpa npm dan sebaliknya. Akan tetapi, Laravel memberikan kemudahan untuk para penggunanya agar dapat menggunakan javascript dan css untuk membangun UI. Salah satunya dengan menyediakan scaffolding untuk Vue, React dan Bootstrap melalui laravel/ui.

Jika Anda menggunakan laravel/ui untuk membangun UI, maka tentu saja Anda membutuhkan npm dan tentu saja npm membutuhkan node.js. Oleh karena itu, berikut ini adalah langkah-langkah untuk menginstall npm dan menambahkan package di Laravel.

0. Menginstall node.js

Seperti disebutkan di atas, bahwa npm memerlukan node.js dan bahkan jika Anda menginstall node.js, maka secara otomatis akan terinstall npm juga. Oleh karena itu langkah pertama adalah silahkan install node.js terlebih dahulu dengan cara mengunduh di sini : https://nodejs.org

Node.js sudah tersedia untuk Windows, Linux dan MacOS, maka silahkan pilih node.js yang sesuai dengan sistem operasi Anda. Untuk versi, sangat disarankan untuk memilih versi yang LTS (Long Term Support), dikarenakan versi ini adalah versi yang paling stabil dan akan mendapatkan support jangka panjang (30 bulan).

Anda dapat melihat versi node.js dan npm yang terinstall dengan menggunkan perintah :

node --version
npm --version

versi node.js dan npm

Baca juga :
Apakah Node.js, npm dan bagaimana menginstallnya
1. Menginstall dan menambahkan package yang diperlukan

Untuk menginstall package npm yang sudah ditambahkan di dalam project laravel Anda, jalankan perintah : npm install. Dengan perintah ini, npm akan menginstall semua package beserta dependensinya dari file package.json.

npm install

Untuk menambahkan package yang Anda inginkan, silahkan masuk ke dalam folder project laravel Anda, kemudian jalankan perintah npm install nama_package . Contoh :

npm install vuetify
npm install

2. Compile Javascript dan CSS

Untuk mengcompile javascript dan css tersebut diatas, silahkan jalankan perintah :

npm run dev
Perintah di atas akan mengcompile semua javascript dan css yang digunakan menjadi bundle yang ramah debug. Artinya jika terjadi kesalahan, akan terlihat jelas di console.
npm run dev
Atau jika Anda ingin agar setiap perubahan yang Anda lakukan pada script atau css otomatis dicompile ulang, maka gunakan perintah :
npm run watch
Dan jika Anda sudah selesai melakukan pengembangan dan ingin mendeploy aplikasi Anda, maka jalankan perintah di bawah ini untuk mengcompile javascript dan css dalam mode production. Dalam mode ini, proses compile akan menjadi lebih lama dan hasil akhirnya tidak ramah debug tetapi ukuran file menjadi jauh lebih kecil.
npm run production

Sekian artikel tentang cara menambah dan menginstall package npm ke dalam Laravel. Selamat mencoba dan semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Komentar

Load more

Terbaru

Cara install Postgresql di MacOS
Postgresql adalah salah satu object-relational database open source yang memiliki banyak fitur enterprise layaknya Or...
Cara install npm di Laravel
aravel adalah sebuah framework untuk webapp yang berbasis php, sedangkan npm adalah sebuah package manager untuk node...
Cara install MariaDB di MacOS dengan menggunakan Homebrew
MariaDB selain tersedia di Windows dan Linux, juga tersedia di MacOS dan dapat diinstall dengan menggunakan homebrew....
Cara insert data ke dalam list atau table tanpa menutup Modal
Desain halaman dan dialog tambah data biasanya adalah, User klik tombol yang akan memunculkan dialog, dimana dialog a...