Sinau Coding
Berbincang santai perihal pemrograman
Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman
8:11 AM

Cara install Postgresql di MacOS

Postgresql adalah salah satu object-relational database open source yang memiliki banyak fitur enterprise layaknya Oracle. Postgresql juga terkenal sebagai salah satu alternatif database opensource dan gratis yang reliable, rebust dan memiliki performa yang bagus.

Pada saat tulisan ini ditulis, Postgresql telah mencapai versi 13 dan telah tersedia di Windows, Linux dan MacOS. Dan berikut ini adalah dua cara yang dapat digunakan untuk menginstall Postgresql di MacOS.

1. Menggunakan installer dari EnterpriseDB

Ini adalah cara paling mudah dan lengkap untuk menginstall Postgresql di MacOS, yaitu dengan menggunakan file installer berbasis UI yang telah disediakan oleh EnterpriseDB.

File installer Postgresql dari EnterpriseDB dapat diunduh di sini : https://www.enterprisedb.com/downloads/postgres-postgresql-downloads

Seperti disebutkan di atas, EnterpriseDB menyediakan installer untuk beberapa jenis sistem operasi dan beberapa versi Postgresql. Silahkan pilih versi yang sesuai dengan komputer dan kebutuhan Anda, dan pastikan versi Postgresql yang Anda pilih masih disupport oleh Postgresql.

Installer dari EDB

Setelah Anda mengunduh file installer dari EnterpriseDB tersebut di atas, silahkan install dengan cara dobel klik file installer tersebut. Maka akan muncul langkah-langkah untuk menginstall Postgresql dengan basis UI.

Installer Postgresql

Silahkan ikuti dan jalankan installer tersebut sampai selesai. Secara umum, biarkan saja setting default installer tersebut. Kecuali jika Anda menginginkan perubahan setting, misalkan dimana folder dan data akan diinstall, termasuk port yang akan digunakan.


Baca juga :
Cara install MariaDB di MacOS dengan menggunakan Homebrew
Setting directory
Directory data
Komponen Postgresql

Pada bagian pilihan komponen untuk Postgresql ini, saya sarankan untuk memilih semuanya.

Summary
Installer selesai

Setelah proses install selesai, maka pada Launchpad MacOS Anda akan muncul beberapa icon PGAdmin dan lain-lain.

Postgresql di Launchpad

Icon pgAdmin 4 untuk menjalankan aplikasi database managemen PGAdmin, sedangkan icon Reload Configuration digunakan untuk mereload setting Postgresql jika Anda melakukan perubahan setting pada Postgresql, misalkan pada file pg_hba.conf.

2. Install Postgresql dengan menggunakan Homebrew

Cara ini cocok untuk Anda yang sudah terbiasa bekerja dengan terminal. Akan tetapi, untuk menggunakan cara ini, pastikan Anda sudah menginstall Homebrew di Mac. Jika belum, maka silahkan install Homebrew terlebih dahulu.

Untuk menginstall Postgresql dengan menggunakan Homebrew, caranya sangat mudah. Anda cukup menjalankan perintah:

brew install postgresql
Dengan perintah di atas, maka Anda akan menginstall Postgresql versi terbaru. Atau jika Anda ingin menginstall Postgresql versi tertentu, maka silahkan jalankan perintah seperti di atas, tetapi kali ini menyertakan versi yang diinginkan yang diawal dengan tanda @. Contoh :
brew install postgresql@10

Selanjutnya Anda tinggal menunggu dan mengikuti proses install tersebut sampai selesai.

Untuk memasukkan Postgresql ke dalam service yang otomatis berjalan setiap kali komputer dinyalakan, maka silahkan jalankan perintah ini:

brew services start postgresql
Atau jika Anda hanya ingin menjalankan Postgresql secara manual, maka silahkan jalankan perintah ini:
/usr/local/opt/postgresql/bin/postgres -D /usr/local/var/postgres
Info Postgresql

Sekian tip/trik kali ini. Selamat mencoba dan semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Komentar

Load more

Terbaru

Cara install Postgresql di MacOS
Postgresql adalah salah satu object-relational database open source yang memiliki banyak fitur enterprise layaknya Or...
Cara install npm di Laravel
aravel adalah sebuah framework untuk webapp yang berbasis php, sedangkan npm adalah sebuah package manager untuk node...
Cara install MariaDB di MacOS dengan menggunakan Homebrew
MariaDB selain tersedia di Windows dan Linux, juga tersedia di MacOS dan dapat diinstall dengan menggunakan homebrew....
Cara insert data ke dalam list atau table tanpa menutup Modal
Desain halaman dan dialog tambah data biasanya adalah, User klik tombol yang akan memunculkan dialog, dimana dialog a...