Sinau Coding
Berbincang santai perihal pemrograman
Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman
7:16 PM

Plugin-plugin SublimeText pilihan untuk Web Programmer

Sublime text merupakan salah satu text editor terbaik yang menjadi pilihan para Web Programmer dan programmer-programmer lainnya. Selain cepat dan ringan, juga dikarenakan berlimpahnya plugin-plugin yang sangat berguna dan menambah produktivitas.

Berikut ini adalah beberapa contoh plugin-plugin pilihan untuk para Web Programmer untuk mempermudah dan mempercepat proses coding, berdasarkan pengalaman dan pengamatan terhadap rekan-rekan seprofesi.

1. Package Control

Package Control rasanya merupakan plugin wajib untuk Sublime Text, dikarenakan Package Control sangat mempermudah dalam mengatur semua plugin yang di-install di Sublime text. Mulai dari pencarian, install dan uninstall plugin.

Package Control dapat dibuka/jalankan dengan menggunakan tombol combinasi Ctrl Shift p.

Bagaimana cara menginstall Package Control, silahkan cek artikel Cara menginstall Package Control di Sublime Text ini.

Tautan : Package control

2. AutoFileName

Adalah plugin yang mempermudah menuliskan nama file yang berada di dalam folder. Dengan plugin ini, anda tidak perlu lagi harus memunculkan sidebar hanya untuk melihat nama dan path file.

Tautan : AutoFileName

3. SideBarEnhancements

Adalah plugin yang akan menambah banyak sekali fungsi-fungsi baru dari sidebar standar.

Tautan : SideBarEnhancements

4. SublimeLinter

Adalah plugin framework yang berfungsi untuk melakukan linter /pengecekan terhadap syntax dan lain-lain untuk suatu jenis file. Dengan linter ini, maka akan langsung terlihat mana yang error dan warning.


NOTE:
Sublime Linter ini hanya sekedar framework-nya saja. Maksud saya, anda harus menginstall linter khusus yang sesuai dengan jenis file yang anda inginkan. Misalkan untuk Javascript, anda harus menginstall Javascript-linter, php dengan php-linter dan lain-lain.

Tautan : SublimeLinter

5. Markdown Preview

Sesuai dengan namanya, plugin ini salah satunya berfungsi untuk menampilkan HTML preview dari Markdown ke dalam Browser, sehingga dapat dilihat hasilnya secara langsung.

Tautan : Markdown Preview

6. Git

Plugin yang menambahkan integrasi Git ke dalam SublimeText. Sangat-sangat berguna untuk developher yang menggunakan Git. Dengan plugin ini tidak perlu lagi bolak-balik membuka terminal untuk menjalankan perintah Git.

Tautan : Git

7. Color Picker

Sebuah plugin untuk menampilkan dialog pilihan warna. Plugin ini sangat berguna untuk melihat seperti apa warna sebenarnya dari kode warna RGB baik yang ada di dalam css maupun di dalam kode HTML.

Cara menggunakan plugin ini adalah sebagai berikut. Select kode warna yang ingin anda lihat warnanya, kemudian tekan kombinasi tombol Ctrl Shift C. Maka dialog pilihan warna akan muncul.

Tautan: Color Picker

8. Bootstrap 3 snippet

Bootstrap merupakan salah satu framework yang rasanya dipakai hampir semua orang. Nah untuk mempermudah dalam menggunakan Bootstrap, plugin ini menyediakan banyak sekali snippet. Jadi anda tidak pelu lagi menghafal banyak kode Bootstrap. Cukup ketikkan bebrapa huruf saja, maka kode akan terbentuk secara otomatis.

Tautan : Bootstrap 3 snippet


Plugin-plugin di atas adalah hanya beberapa contoh plugin-plugin yang sangat berguna. Tentu saja masih banyak yang lain. Silahkan tambahkan saran-saran anda pada bagian komentar.

Sekian dan semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Komentar

Load more

Terbaru

Cara install Postgresql di MacOS
Postgresql adalah salah satu object-relational database open source yang memiliki banyak fitur enterprise layaknya Or...
Cara install npm di Laravel
aravel adalah sebuah framework untuk webapp yang berbasis php, sedangkan npm adalah sebuah package manager untuk node...
Cara install MariaDB di MacOS dengan menggunakan Homebrew
MariaDB selain tersedia di Windows dan Linux, juga tersedia di MacOS dan dapat diinstall dengan menggunakan homebrew....
Cara insert data ke dalam list atau table tanpa menutup Modal
Desain halaman dan dialog tambah data biasanya adalah, User klik tombol yang akan memunculkan dialog, dimana dialog a...